Sport for our Reptile

Banyak hewan reptil telah mendapatkan cukup latihan di kandang mereka, akan tetapi ular besar dan kadal besar mungkin akan mendapat keuntungan lebih dari berenang. Beberapa kadal menikmati menjadikan berjalan di tali sebagai sebuah latihan. Beberapa kura-kura darat dan air akan memperoleh manfaat saat ditempatkan dalam kandang besar berupa lapangan terbuka untuk mereka latihan.

Latihan untuk reptil hewan peliharaan Anda? Tentu saja latihan ini akan berbeda, iguana hijau anda tidak akan menangkap frisbee, dan sangat tidak mungkin anda pergi jogging dengan kura-kura hewan peliharaan Anda. Namun, walaupun kedengarannya sedikit aneh, namun latihan ini sangat penting bagi beberapa hewan reptil. Selain latihan berupa berjalan di sekitar kandang bagi hewan peliharaan seperti ular, kadal, kura-kura, penyu atau katak, latihan tambahan akan sangat bermanfaat bagi beberapa reptil.

Sebagai contoh, Boa dan ular python dewasa seringkali menghabiskan seluruh hidup mereka di kandang cukup kecil. Ini bisa menimbulkan masalah, terutama untuk pembiakan betina atau menetap bagi hewan yang telah dewasa. Seperti yang Anda duga, seekor betina harus menggunakan otot-ototnya untuk memeras telurnya atau bayi. Jika ia telah menghabiskan seluruh waktunya di kandang kecil, dia mungkin tidak memiliki otot yang diperlukan untuk melaksanakan hal tersebut. Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda memiliki ular besar, namun Anda tidak memiliki ruang atau sarana keuangan untuk menyediakan kandang yang lebih besar? Ambillah salah satu solusi yaitu berenang. Tentu saja ini tidak memerlukan tempat khusus seperti sebuah kolam renang yang besar. Jika Anda memiliki ruang yang sesuai, sebuah kolam renang anak-anak dari plastik sudah cukup memadai. Isi kolam dengan air hangat yang cukup sehingga ular mampu mempertahankan kepala di atas air. Masukkan ular di dalam air untuk sesi latihan yang tentus aja harus diawasi, mingkin cukup dalam durasi 15 sampai 20 menit dan dilakukan beberapa kali dalam seminggu.

Ikuti panduan ini untuk latihan yang sehat:
– Hanya membolehkan satu ular pada satu waktu untuk berenang
– Pastikan ular diawasi untuk mencegah pelarian
– Mengubah air dan disinfeksi kolam setelah setiap ular selesai berenang
– Pastikan air tidak terlalu dingin
– Yang terbaik adalah ular anda tidak berenang di bak mandi keluarga, tetapi jika Anda harus, pastikan Anda benar-benar membasmi kuman yang mungkin terbawa sebelum membiarkan anggota keluarga anda untuk mandi (1 cangkir pembersih per galon air bekerja sangat baik)

Iguana hijau adalah spesies lain yang mengambil keuntungan dari latihan tambahan. Iguana telah cukup besar sering menghabiskan hari-hari mereka dengan diam, menanti di sofa seperti kentang. Sementara obesitas bukanlah masalah yang umum bagi iguana yang diberi makan diet yang baik, kurangn berkembangnya otot sering terjadi pada iguana dewasa. Selain itu, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa iguana adalah perenang yang baik, dan secara alami akan menghabiskan waktu berenang di sungai atau kolam, jika diberi kesempatan. Kebanyakan iguana mendapatkan hampir semua kelembaban dari mereka makanan yang mereka makan, karena mereka sering tidak akan minum dari sebuah mangkuk. Jadi, memungkinkan iguana hijau untuk berenang beberapa kali per minggu adalah ide bagus untuk memastikan bahwa mereka terhidrasi dengan baik dan dalam kondisi yang baik. Manfaat tambahan yang diperoleh adalah bahwa sebagian besar iguana akan buang air besar sementara mereka berada di air, yang akan berakibat mempertahankan kebersihan kandang serta mengajarkan keteraturan. Aturan saat berenang pada ular berlaku juga pada iguana.

Iguana hijau betina dapat menghasilkan telur, bahkan jika iguana jantan tidak ada. Baginya untuk dapat dengan mudah mengeluarkan telurnya, dia harus berada dalam kondisi fisik yang baik. Betina biasanya memerlukan tempat yang cocok untuk menggali, untuk merangsang dia untuk meletakkan telur-telurnya. Berenang adalah latihan yang baik untuk betina tersebut untuk mempersiapkan mereka agar bertelur dengan mudah dan aman.

Selain berenang, beberapa iguana dapat dilatih untuk berjalan di atas tali. Ada beberapa memanfaatkan yang dapat mereka peroleh. Pada kenyataannya banyak iguana yang menikmati berjalan-jalan dengan pemiliknya. Selain latihan, iguana pasti akan mendapatkan manfaat dari sinar matahari alami. Perlu diketahui bahwa jika Anda membawa hewan peliharaan Anda iguana di luar untuk berjalan-jalan di bawah sinar matahari, jika udara menjadi sangat hangat, mungkin ia akan mencoba untuk kabur dan melarikan diri jika terkejut atau khawatir. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan bahwa tali pengikat telah terpasang dengan aman dan nyaman sehingga iguana Anda tidak dapat menyelinap keluar dengan mudah.

Kura-kura, kura-kura kotak dan beberapa kura-kura darat adalah perenang yang buruk, jadi janganlah kita tidak mencoba untuk memberikan latihan berupa berenang. Namun, mereka senang menjadi basah kuyup dari waktu ke waktu. Kura-kura darat suka berjalan, dan sangat bermanfaat jika menempatkan kura-kura di tempat yang aman, lapangan rumput yang memungkinkan mereka untuk merumput dan berjalan, menikmati udara segar dan sinar matahari. Untuk membuat halaman aman dan hewan tidak melarikan diri, adalah dengan memasang kawat jala hingga kedalam tanah sekitar 18 inci, menyapu dengan baik, dan pastikan tidak ada pestisida atau tanaman beracun dalam kandang. Kura-kura air adalah perenang yang baik dan harus disimpan di tangki terbesar mungkin untuk memungkinkan latihan yang memadai.

Latihan terbaik untuk sebagian besar reptil adalah berenang dan berjalan. Beberapa reptil yang lebih kecil akan mendapatkan latihan yang memadai di dalam kandang mereka, tetapi yang lebih besar sering mendapatkan manfaat dari berjalan atau berenang di kolam renang yang lebih besar.

Sumber : http://www.facebook.com/topic.php?uid=113657288186&topic=14212
Oleh : Arief Faluyunazah

~ by serigalamalam on 15 July 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: